Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan terbesar didunia, yang terdiri lebih dari 17.000 pulau. Namun hanya sekitar 7.000 an pulau yang berpenghuni, sebagian besar pulau yang didiami banyak penduduk indonesia yaitu, pulau Jawa, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, Papua dan Pulau Bali. Indonesia juga memiliki garis pantai sepanjang 95.181 km dan merupakan garis pantai terpanjang kedua di dunia, dengan luas perairan laut mencapai 5,8 juta kilometer persegi, yang merupakan 71% dari keseluruhan wilayah Indonesia.

          Indonesia juga merupakan negara yang majemuk, terdiri dari beragam suku, bangsa dan bahasa yang berbeda. Berpacu pada data sensus penduduk yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, Indonesia memiliki sekitar 1.340 suku bangsa dan 748 bahasa. Dilansir dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara, dari jumlah suku yang terdata itu, Suku Jawa menempati posisi pertama kelompok suku terbesar di Indonesia. Jumlahnya itu mencapai 41% dari total populasi di Indonesia. Indonesia memiliki pancasila sebagai ideologi dan landasan bernegara. Terdapat 6 agama yang diakui di Indonesia, yaitu Islam, Kristen, Khatolik, Hindu, Budgha serta Khonghucu. Sebagai negara yang majemuk dan masyarakat yang heterogen menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

            Semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya Berbeda-beda tetapi tetap satu yang tercantum pada lambang Negara Indonesia yaitu Pancasila. 75 tahun sudah Indonesia merdeka, dari awal kermerdekaan dan keberadaan orde lama hingga masa reformasi saat ini kita tetap satu dalam keberagaman yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia atau yang disingkat NKRI yang menjadikan Indonesia ada sampai saat ini. Ini yang menjadikan nilai lebih bagi Indonesia, kenapa bisa??? Karena perbedaan itu yang menjadikan Indonesia ada sampai saat ini. Saling melengkapi dalam bingkai persatuan dan hidup gotong-royong menjadi ujung tombak dari sebuah kesatuan hati untuk membangun, menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Indonesia.

            Bhinneka Tunggal Ika dalam semangat Pluralisme di Indonesia yang harus terus melekat pada setiap individu warga negara di tengah diferensiasi sosial di berbagai lapisan masyarakat. Pluralisme  terdiri dari dua kata plural (=beragam) dan isme (=paham) yang berarti paham atas keberagaman.           Pluralisme juga diartikan sebagai sebuah kerangka dimana ada interaksi beberapa kelompok-kelompok yang menunjukkan rasa saling menghormat dan toleransi satu sama lain. Pluralisme dapat dikatakan salah satu ciri khas masyarakat modern dan kelompok sosial yang paling penting, dan mungkin merupakan pengemudi utama kemajuan dalam ilmu pengetahuan, masyarakat dan perkembangan ekonomi.

            Semangat gotong-royong dalam membangun Bumi Pertiwi untuk mencapai cita-cita bangsa Indonesia menjadi satu wujud kesatuan dalam peradaban yang ada di Indonesia. Perbedaan tidak menjadikan penghalang kita untuk bergerak bersama, tetapi dari perbedaan itu harus menjadi sebuah satu-kesatuan dalam bingkai kehidupan berbangsa dan bernegara. Seperti yang tertuang dalam Sila Ke-3 “ Persatuan Indonesia” yang merupakan wujud sikap dari bangsa Indonesia itu sendiri untuk mengimplementasikan nilai-nilai kesatuan dan persatuan yang sudah ditanamkan sejak lahir.

            Menjadi tanggung jawab bersama untuk terus menjaga dan meawat nilai-nilai kesatuan dan persatuan guna mewujudkan sikap toleransi ysng tinggi antar semasa manusia dalam lapisan masyarakat yang heterogen. Tidak peduli apa agamamu, apa sukumu, dari mana kamu berasal dan dari golongan mana kamu berada, tetapi bagaimana sikapmu untuk mewujudkan indonesia yang damai ditengah perbedaan.

Bhinneka Tunggal Ika Dalam Kantong Saku merupakan wujud dari suatu perbedaan yang yang dikemas dalam satu narasi yang mempersatukan sebagai bentuk cinta kasih terhadap sesama. Perbedaan itu indah, hidup bersama saling berdampindan dalam keberagaman membuat Indonesia kaya akan nilaoi-nilai perdamaian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *